Timbulnya benjolan atau pembengkakan pada anus yang disertai bab berdarah dan rasa gatal, panas tidak nyaman di anus merupakan salah satu ciri-ciri gejala wasir atau ambeien. 

Wasir atau ambeien merupakan pembengkakan pembuluh darah yang membesar di dalam atau di sekitar rektum dan anus. Pembuluh darah bisa membengkak di dalam anus dan tidak dapat terlihat ini disebut sebagai wasir internal. Pembengkakan juga bisa terjadi di luar anus yang terasa lebih nyeri, yaitu di dekat lubang anus disebut sebagai wasir eksternal.

Wasir pada ibu hamil dapat terjadi karena adanya perkembangan ukuran janin yang semakin membesar sehingga menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di anus dan sekitarnya.

Wasir saat hamil umum terjadi dan mempengaruhi banyak wanita hamil, terutama di akhir trimester kedua hingga selama trimester ketiga usia kehamilan.

Selain itu, peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan dinding pembuluh darah Anda mengendur, yang menyebabkan mereka lebih mudah membengkak. Progesteron juga berkontribusi terhadap sembelit dengan memperlambat kerja saluran usus Anda, dimana sembelit atau konstipasi menjadi salah satu faktor utama penyebab wasir.

Salep Untuk Mengobati Wasir Pada Ibu Hamil

Ada berbagai macam salep atau krim untuk mengobati wasir yang dijual di pasaran, namun tidak semuanya aman dan 100% terbuat dari bahan alami yang sudah terdaftar dan teruji oleh BPOM.

Salah satu salep yang kami rekomendasikan untuk mengobati wasir pada ibu hamil secara alami yaitu Salwa Djie dari de nature indonesia. Sekedar informasi untuk kenyamanan konsumen, bahwa produk dari perusahaan kami ini sudah memiliki:
  • Punya ijin resmi perusahaan dari kementrian kesehatan
  • Ijin BPOM, yang artinya sudah lulus uji stabilitas produk
  • Sertifikat halal MUI, sehingga kehalalannya bisa di pertanggungjawabkan
  • Sertifikat ISO, dimana mutu dan kualitas produk sudah berstandar international
  • Apoteker yang berpengalaman
  • Sudah melewati proses sortir bahan baku, guna menjaga mutu produk
  • Proses produksi sesuai alur CPOTB (Cara pembuatan obat tradisional yang baik dan benar).


Rp. 125.000/Botol

*Belum Termasuk Ongkir Ke Alamat*

Ibu hamil yang menerita wasir, selain melakukan pengobatan juga disarankan untuk menerapkan dan menjalankan beberapa perawatan dibawah ini untuk membantu proses pengobatan wasir agar lebih efektif dan maksimal. Beberapa perawatan yang dimaksud yaitu sebagai berikut :
  • Berendam di air hangat. Manfaat air hangat saat mandi diantaranya, dapat membantu relaksasi otot dan peredaran darah, sehingga bagian yang mengalami ambeien terasa lebih nyaman. Siapkan bak dan isi dengan air suam-suam kuku. Anda bisa melakukan hal ini beberapa kali sehari.
  • Beristirahat yang cukup. Jangan memaksakan diri melakukan aktivitas yang terlampau berat. Anda perlu istirahat. Selain untuk mengembalikan energi, juga untuk meringankan keluhan pada ambeien. Terlebih selama hamil Anda akan merasa lebih lelah dibandingkan ketika belum hamil.
  • Minum banyak air dan makan banyak serat untuk menghindari sembelit. Saat sembelit, feses akan mengeras. Tenaga mengejan saat sembelit yang Anda keluarkan akan menambahkan tekanan pada pembuluh darah, membuatnya semakin membengkak dan menjadikan wasir semakin parah. Jangan pula memaksakan mengejan. Baca Juga: Manfaat Jus Tomat Untuk Mencegah dan Mengobati Wasir
  • Lakukan senam Kegel. Selain membantu menguatkan dinding perineum Anda untuk proses persalinan, Kegel juga memperlancar aliran darah yang bisa meredakan dan mencegah wasir.
  • Gunakan bantal ‘Donat’ sebagai alas duduk. Saat duduk di alas yang rata terasa menyakitkan, coba gunakan bantal yang memiliki lubang di tengahnya untuk memudahkan Anda duduk
  • Jangan duduk terlalu lama. Posisi duduk semakin memberikan tekanan pada pembuluh darah anus dan rektum Anda. Lebih baik berbaring menyamping atau berdiri saja, kalau Anda bisa. Jika Anda diharuskan duduk, ganti posisi setiap beberapa menit sekali dan bergeraklah sesering mungkin.
  • Kompres anus Anda dengan es untuk meredakan bengkak.
  • Bersihkan area bokong dan anus menggunakan tisu basah non-parfum setiap kali usai BAB. Keringkan dengan tisu kering yang bersih. Lakukan keduanya dengan gerakan menepuk, jangan menggosok untuk menghindari iritasi.