Wasir atau hemorrhoids dapat juga dialami ibu hamil. Biasanya kondisi ini terjadi di trimester ketiga, Bunda.

Bagi kebanyakan wanita, gangguan pencernaan dan sembelit yang berhubungan dengan kehamilan kadang-kadang dapat menyebabkan wasir. Hingga 35 persen wanita hamil mengidap wasir. Gejala paling umum dari wasir ibu hamil adalah gatal dan dubur terasa seperti terbakar saat buang air besar.

Mencegah Resiko Wasir Pada Ibu Hamil

Pada hemorrhoids internal akan muncul darah saat buang air besar karena feses keras melewati pembuluh darah yang bengkak. Sedangkan, pada hemorrhoids eksternal akan muncul benjolan berwarna biru di luar anus yang menyakitkan, namun tak berdarah.

“Dalam beberapa bulan pertama kehamilan, wanita cenderung menjadi sembelit karena perubahan hormon. Mereka tegang dan mengejan, akhirnya menjadi wasir,” kata Arthur Zaltz, kepala kebidanan dan ginekologi di Sunnybrook Health Sciences Centre di Toronto, dikutip dari Today’s Parents.

Pada trimester terakhir, rahim akan terasa berat dan menekan pembuluh darah di sekitarnya. Hal ini menyebabkan gumpalan kecil pembuluh darah di dalam dan sekitar rektum membesar.

Sebenarnya wasir bisa dicegah, Bunda. Asalkan ibu hamil menjalani pola hidup sehat yang baik untuk saluran cernanya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 6 tips mencegah wasir bagi ibu hamil:
  1. Konsumsi makanan kaya serat, seperti sayur dan buah-buahan.
  2. Minumlah banyak air untuk menjaga feses tetap lembut dan buang air besar teratur.
  3. Hindari mengejan saat buang air dan duduk di toilet dalam waktu lama.
  4. Jangan menahan atau menunda buang air besar.
  5. Sering bergerak atau melakukan latihan Kegel setiap hari. Latihan ini dapat memperkuat otot-otot panggul sehingga mendukung rektum dan dapat meningkatkan sirkulasi di daerah dubur.
  6. Konsultasikan ke dokter untuk penggunaan suplemen atau metode lain yang bisa meredakan wasir.
Sebaiknya hindari penggunaan obat pencahar untuk mengatasi wasir atau sembelit selama hamil. Sebab, obat tersebut dapat menyebabkan dehidrasi dan merangsang kontraksi usus.

Selain menerapkan beberapa tips di atas, coba konsumsi obat herbal Ambejoss jika dirasa gejala wasir mulai muncul.

Obat Wasir Ambejoss

Dapatkan Sekarang ! 

Harga Diskon Rp. 175.000 

 

Konsultasi dan Pemesanan

GARANSI !! Barang Dijamin Sampai Ke Alamat Anda atau Uang Kembali 100%

Post a Comment